Ilustrasi TikTok (pinterest.com)


TikTok adalah platform video pendek yang kini digandrungi oleh masyarakat. Berkat TikTok, bermunculan influencer baru dan brand semakin dikenal oleh khalayak. TikTok dipercaya sebagai platform untuk strategi marketing seperti campaign marketing. Melalui fitur yang dimiliki TikTok, para brand dapat berkreasi dalam membuat campaign marketing yang menarik dan memorable bagi masyarakat. Lalu, apa saja fitur TikTok yang wajib kamu coba? Yuk, simak daftarnya berikut ini. 


1. TikTok Livestream


Ilustrasi influencer sedang live streaming (freepik.com)


Para pelaku brand pasti sudah tidak asing dengan live streaming. Platform seperti Shopee atau Instagram lebih dahulu dipilih sebagai lapak berdagang secara langsung seperti Shopee Live atau Instagram Live. Fitur live streaming ini pun hadir di TikTok, kamu pun dapat memanfaatkannya untuk menjangkau audiens sehingga meningkatkan engagement akun dan penjualan kamu. 


Kamu dapat menentukan topik menarik yang sesuai dengan brand kamu atau mengajak content creator atau influencer untuk menjadi bintang tamu atau host pada live streaming kamu. Dengan begitu, semakin banyak audiens yang akan selalu engage dengan brand kamu. 


2. Video Comment


Ilustrasi influencer sedang membuat video (freepik.com)


Fitur video comment pada TikTok memudahkan bagi brand untuk merespon dengan memberikan jawaban atau reaksi dalam bentuk video setiap pertanyaan atau tanggapan di kolom komentar. Alhasil, interaksi antara brand dan audiens akan terjalin dan engagement akun akan lebih baik lagi. 


3. TikTok Stitching


Ilustrasi TikTok (freepik.com)


TikTok menghadirkan fitur yang dapat mengambil bagian dari video orang lain, lalu mengkombinasikannya dengan video kamu. Potongan video yang kamu buat pun dapat digunakan orang lain. Fitur ini dapat digunakan jika fiturnya diaktifkan dalam videonya. Jadi, tidak semua video di TikTok bisa kamu gunakan secara sembarangan. Fitur ini dapat kamu gunakan untuk memberikan reaksi pada setiap postingan video yang sedang tren atau video testimoni.


4. Duet


Ilustrasi TikTok duet (pinterest.com)


Fitur Duet dapat digunakan sebagai ajang mempromosikan brand kamu. Dengan fitur Duet ini kamu dapat berkolaborasi dengan orang lain, kamu pun juga dapat merangkul content creator atau influencer untuk meramaikan dan mempromosikan brand kamu. Kamu bisa membuat dance tiktok, games, atau storytelling yang kemudian akan diduetkan oleh pengguna tiktok atau content creator. 


5. TikTok Challenge 


Ilustrasi seseorang menari (freepik.com)


TikTok sebagai platform sumbernya tren dunia, hal ini bisa hadir dari fitur yang dimiliki TikTok yang kemudian dikembangkan sebagai TikTok Challenge. Meskipun video lawas pun dapat trending atau viral kembali dengan adanya TikTok Challenge ini. Brand pun dapat turut menggunakan fitur ini dengan membuat gerakan dance yang mudah tetapi brainwashing. Membuat sesuatu yang memorable sehingga tiap kali orang melihat dance atau mendengar lagu tersebut, mereka akan langsung teringat pada brand kamu.


6. TikTok Shop


Ilustrasi TikTok Shop (pinterest.com)

Setelah membuat konten dari beragam fitur yang dimiliki oleh TikTok, inilah saatnya menjajakan produk atau layanan brand kamu pada fitur TikTok Shop. Selain menjadi platform video musik, kini TikTok juga berinovasi sebagai fitur social commerce untuk pengguna dan kreator mempromosikan serta menjual produknya melalui TikTok. 

 Itulah 6 fitur TikTok yang dapat dicoba untuk membantu mengembangkan bisnis kamu. Jika kamu kesulitan dalam memaksimalkan fitur tersebut, jangan pusing dan jangan khawatir. SevenAds Indonesia punya solusinya, loh! Serahkan pada kami dan rasakan hasil hebatnya. Melalui package TikTok Management “Growth Your Brand Through TikTok” SevenAds Indonesia, kami menawarkan kerjasama dalam pembuatan konten hingga memaksimal akun TikTok kamu dengan beragam fitur TikTok. 

Yuk coba konsultasi bersama SevenAds Indonesia melalui email ke [email protected] atau langsung klik contact kami di website kami!