Ketika kamu memiliki bisnis hal yang akan dicapai bisnismu adalah membuat konsumen tertarik akan bisnismu dan melakukan pembelian tetapi menarik perhatian customer buat membeli produk bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, kamu harus aktif memasarkan secara terus menerus tidak bisa instan dapat konsumen, tetapi ada cara yang diberikan Kotler buat kita pelajari agar customer bisa membeli produk kita. 


5A Customer Journey ini merupakan taktik yang diberikan oleh Kotler yang membahas tentang proses konsumen dari awal melihat produk atau jasa kamu sampai akhirnya memutuskan untuk membeli, yuk kita bahas dan simak artikel ini. 


1. Aware : Konsumen melihat brand dari pengalaman, iklan, rekomendasi seseorang ataupun melalui media sosial brand, maka kamu harus memanfaatkan sosial media, website atau media lainnya secara maksimal agar konsumen tertarik.

2. Appeal : Pada tahap ini konsumen mulai tertarik dengan brandmu dan menghabiskan waktunya untuk menjelajahi situs web kamu terkait solusi, promosi dan testimonial, maka kamu harus gencar promosikan produkmu. 

3. Ask : Ketika sudah tertarik dan mencari tahu konsumen mulai menghubungi brandmu melalui email atau DM sosial media, maka kamu harus mencari tahu juga apa yang dicari konsumen dan kamu harus tawarkan produk terbaik milikmu. 

4. Act : Setelah tertarik konsumen akan memutuskan untuk membeli produk apa, dalam hal ini nantinya konsumen akan menjadi pelanggan brandmu.

5. Advocate : Taktik terakhir adalah ketika konsumen sudah pakai dan coba, mereka akan kasih penilaian dan merekomendasikan brandmu ke orang lain.


Terdapat tips untuk menggunakan taktik dari Kotler ini yaitu : 

1. Lacak dan analisis setiap tahapan, analisis keberhasilan karyawanmu dalam proses penjualan, misal kamu dapat menganalisis tahap konsumen bertanya sampai melakukan pembelian, seberapa efektif karyawan melakukan penjualan.

2. Fokus pada tahap perbaikan individu, gunakan informasi yang didapat untuk meningkatkan strategi

3. Membuat pesan yang berbeda untuk audiens, sesuaikan pesan untuk calon konsumen ataupun pelanggan anda.

4. Kerjasama dengan department lain, untuk meningkatkan pengalaman bagi konsumen maka kamu harus bekerjasama dengan seluruh bagian secara baik agar terciptanya proses pembelian.


Jadi, itulah pembahasan terkait taktik agar konsumen tidak menolak penawaran yang kamu berikan dengan menggunakan rumus 5A dari Kotler. Yuk coba cara di atas agar konsumen tertarik dengan produkmu.